Bimbingan Belajaar Malang
Bimbingan Belajar malang

Bimbingan Belajar Malang – Belajar merupakan kebutuhan setiap anak. Karena di era yang sekarang ini membutuhkan

anak yang sangat kompeten untuk memajukan tekhnologi yang sedang memasuki era  globalisasi.

Namun, apa yang dimaksud belajar? Apa saja tahap – tahap dalam belajar ? Bagaimana cara mengajarkan pelajaran pada siswa? Dan bagaimana cara memilih bimbingan yang baik??

Barikut ulasannya.

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku ataupun potensi perilaku sebagai  hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar yaitu merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Dalam belajar, yang terpenting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.

Bimbingan Belajar Malang
Bimbingan Belajar Malang

Stimulus yaitu apa yang diberikan guru kepada pelajar. Respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh sang guru tersebut.  Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak terlalu penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati ialah stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

Tahapan Belajar

Ada empat tahapan belajar. Diantaranya :

  • Inkompetensi bawah sadar, yaitu ia tidak sadar bahwa ia tidak tahu.
  • Inkompetensi sadar, yaitu ia sadar bahwa ia tidak tahu.
  • Kompetensi sadar, yaitu ia sadar bahwa ia tahu.
  • Kompetensi bawah sadar, yaitu ia tidak sadar bahwa ia tahu.

 

Inkompetensi bawah sadar.

Kondisi dimana saat kita tidak mengetahui kalau ternyata kita tidak tahu.

Contohnya adalah keadaan pikiran banyak pengemudi muda saat mulai belajar mengemudi. Itulah mengapa pengemudi muda mengalami lebih banyak kecelakaan ketimbang pengemudi yang lebih tua dan berpengalaman. Mereka tidak mau mengakui terbatasnya pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya. Orang-orang yang berada dalam keadaan ini kemungkinan besar akan mengambil risiko, memaparkan diri pada bahaya atau kerugian, untuk alasan sederhana yang sama sekali tidak mereka sadari bahwa itulah yang telah mereka lakukan.

Inkompetensi sadar.

Bimbingan Belajar Malang. Pengakuan sadar pada diri sendiri bahwa kita tidak tahu, dan penerimaan penuh atas kebodohan kita.

Kompetensi sadar.

Sadar bahwa kita tahu, adalah ketika kita mulai memiliki keahlian atas sebuah subjek, tetapi tindakan kita belum berjalan otomatis. Pada belajar kompetensi sadar, kita harus melaksanakan semua tindakan dalam level sadar. Saat belajar mengemudi, misalnya, kita harus secara sadar tahu di mana tangan dan kaki kita, berpikir dalam setiap pengambilan keputusan apakah akan menginjak rem, berbelok, atau ganti gigi. Saat kita melakukannya, kita berpikir dengan sadar tentang bagaimana melakukannya. Pada tahap ini, reaksi kita jauh lebih lamban daripada reaksi para pakar.

 

Kompetensi bawah sadar.

Yaitu tahapan seorang ahli yang sekadar melakukannya,  bahkan ia mungkin tidak tahu bagaimana ia melakukannya secara terperinci. Ia sangat tahu apa yang ia lakukan, dengan kata lain, ada sesuatu yang ia lakukan di hidup ini yang bagi orang lain tampak penuh risiko tetapi baginya bebas risiko. Ini terjadi dikarenakan ia telah membangun pengalaman dan mencapai kompetensi bawah sadar pada aktivitas itu selama beberapa tahun. Ia tahu apa yang ia lakukan, dan ia juga tahu apa yang tidak dapat ia lakukan. Bagi seorang yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman, apa yang ia lakukan tampak penuh risiko.

 

Cara Mengajarkan pelajaran pada siswa .

Saat ini dunia pendidikan Indonesia sudah semakin terpuruk karena  kegagalan para pendidik dalam mendidik para generasi muda. Hal terbesar yang menyebabkan kegagalan tersebut adalah kurang tepatnya model-model pembelajaran yang diaplikasikan oleh guru selama ini. Terlepas dari berbagai faktor penyebab kegagalan, seorang pendidik memiliki peran yang sangat penting berkenaan dengan sukses tidaknya suatu proses pembelajaran. oleh karena itulah guru harus tahu prinsip serta cara mengajar yang baik.

Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa tips serta cara agar proses Belajar mengajar tidak membosankan bagi para siswa, Berikut Tipsnya :

 

  1. Pemilihan metode yang baik dan tepat. Guru sebagai seorang pendidik diharuskan memilih suatu metode yang tepat dan berkualitas. Sebisa mungkin metode yang diaplikasikan dapat membuat para siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran yang pada akhirnya kegiatan Belajar Mengajar pun menjadi tidak membosankan bagi para siswa.

 

  1. Pemilihan media yang tepat dan berkualitas, guru sebagai seorang pendidik sebisa mungkin mempertimbangkan media yang sekiranya cocok dan pas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengaplikasian media itu sendiri yaitu agar para siswa bisa menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh guru tanpa merasa jenuh dan tentunya menjadikan mereka ikut terlibat aktif pada proses pembelajaran.
  1. Mengadakan sebuah simulasi. hal  itu sangat diperlukan untuk di aplikasikan di saat proses belajar mengajar. Pilih suatu bentuk simulasi yang tepat dan dapat membangkitkan gairah semangat belajar siswa.
  1. Lakukan suatu bentuk pembelajaran secara outdoor. Guru diharapkan jangan hanya melakukakan suatu proses pembelajaran hanya di dalam kelas, manfaatkan pula lokasi-lokasi yang ada. Kegiatan didalam kelas secara terus-menerus akan menjadikan siswa bosan dan jenuh. Maka dari itu, cobalah sesekali untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara outdoor sehingga para siswa tidak merasa bosan dengan suasana pembelajaran.
  1. Pendekatan terhadap para siswa,guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa supaya mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal ini menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam sebuah pembelajaran.

Tips Memilih Bimbingan Belajar Yang Baik.

Akhir-akhir ini semakin banyak bimbingan belajar yang dibuka sehingga bisa membuat bingung teman-teman.  Baca dulu tips-tips berikut ini apa saja yang harus diperhatikan saat memilih tempat les atau bimbingan belajar supaya sesuai dengan ekspektasi  teman-teman dan tidak “beli kucing dalam karung“.

  1. jika kamu tipe yang memperhatikan “kenyamanan” saat belajar dan suasana kondusif, carilah bimbingan belajar yang memiliki gedung tersendiri untuk belajar.
  2. sesuaikan dengan buget kamu , dan carilah tempat bimbel yang lebih dekat Pastinya mereka mengenakan biaya les yang jauh lebih murah.
  3. Sebaiknya jangan pilih yang baru buka karena mereka tentunya masih tahap “coba-coba”, Pilihlan tempat les yang minimal telah berdiri 2 tahun sehingga lebih berpengalaman menangani bimbingan belajar.
  4. Jangan lupa tanyakan kan ke beberapa orang yang mewakili (kakak kelas)  track record bimbingan belajar yang akan kamu pilih.
  5. Tanyakan berapa jumlah tentor (pengajar) yang mereka miliki. sering terjadi kasus kamu tidak cocok dengan “tentor yang ngajar kamu pertemuan pertama les”, kalo mereka memiliki tentor di bawah 8siswa akan menyulitkan kamu saat pergantian tentor.  padahal kecocokan tentor sangat penting. Bayangkan saat kamu ga suka cara ngajar seorang guru & ga diganti selama 1 semester.
  6. Apakah tujuan kamu ikut bimbel ?? tentunya ingin nilai bagus saat ujian. pilihlah tempat bimbel yang kredibel dan memiliki sistem yang baik karena jika tentor yang ngajar kamu banyak “salah-materi” bisa jadi kamu ga akan sadar, jadi malah salah deh jawab soal2 ujian nanti. Penting juga untuk diingat pilihlah tempat les yang peka terhadap perubahan kurikulum .
  7. Jangan mudah terjebak kata2 manis! tetap perhatikan fasilitas dan opini kakak kelas kamu tentang bimbel tersebut, jangan memilih bimbel hanya karena bimbel itu ramah di facebook, ini bisa jadi jebakan atau trik marketing.
  8. Tips terakhir, kunjungi tiap bimbel yg “mungkin” akan kamu pilih, tanyalah sebanyak2nya agar kamu tahu fasilitas dan keunggulan masing2 dg jelas! jadi biar ga kayak beli kucing dalam karung. Hehehe

 

Nah itu tadi yang kita bahas tentang belajar. Bagi yang membutuhkan guru / bimbingan belajar, bisa menghubungi team Jasahub.com . Mengapa? Karena kami (team jasahub.com) akan melayani apapun jasa yang anda cari. Jadi kami akan menghubungkan kamu dengan Bimbingan Belajar yang ada di kota malang supaya mereka menghubungi kamu. Dan tentunya bimbel ini sangat di percaya oleh penduduk kota malang.

Silahkan untuk menghubungi customer service kami via Telp/SMS/Whatsapp di

0858-0496-7839 atau 081 216 229 899

Dapatkan pelayanan yang ramah dari kami 🙂

Tinggalkan komentar